UPAYA MENINGKATKAN PERDAGANGAN IKAN

Assallamualaikum Wr.Wb
ini merupakan Sebuah Essay Tentang Upaya Meningkatkan Kearifan Lokal dimana pada Essay yang di tulis oleh Asti Tiana Ningrum siswi MTs Negeri Kota Jayapura dia mengambil latar Daerah tempat tinggal nya yang berada di Distrik Muara Tami, Perlu di ketahui di Distrik Muara tami yang sebagian besar penduduk nya merupakan warga Transmigran yang berasal dari luar Provinsi Papua merupakan distrik yang mendapat julukan Minapolitan yang sebagian besar warga nya berkecimpung di sektor pertanian dan perikanan, unuk sektor perikanan ada dua yang menjadi produk yaitu perikanan ikan mujair dan ikan bandeng.

Upaya Meningkatan Perdagangan Ikan
Banyaknya lahan yang luas di koya, yang dijadikan sebagai kolam-kolam pembudidayaan ikan, seperti ikan bandeng dan ikan mujair, membuat stok ikan di koya akan selalu ada. Namun apabila kita hanya memasarkan ikan tersebut hanya di koya saja peningkatan ekonomi tidak terlalu signifikan, oleh karena itu ada beberapa upaya yang dapat meningkatkan penjualan ikan hasil budidaya masyarakat koya,

Yang pertama adalah dengan memasarkan ikan tersebut ke kota jayapura dan daerah sekitarnya seperti Arso, Sentani bahkan jika memungkinkan ke Wamena dan juga Sarmi, dengan meningkatkan area pemasaran dapat meningkatkan pula pendapatan. 

Yang ke dua yaitu dengan membuat tempat-tempat wisata pemancingan dengan demikian orang dari luar daerah koya akan berdatangan untuk mengunjungi .

Yang ketiga dengan membuat varian makanan olahan berbahan dasar ikan, tujuan nya adalah untuk meningkatkan nilai dari ikan



Penulis Asti Tiana Ningrum
Kelas IX B MTsN Kota Jayapura



Comments

Popular posts from this blog

jagung bakar

3 Tempat Bulan Madu Di Indonesia Paling Romantis

MENUMBUHKAN RASA KEMANDIRIAN DAN MENGURANGI TINDAK KECURANGAN SISWA MELALUI UJIAN NASIONAL 2013